Elektronic Learning (E-Learning) sebagai salah satu sarana pembelajaran berbasis teknologi informasi telah disediakan oleh Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP). Melalui Lembaga Penjaminan Mutu dan Peningkatan Aktivitas Instruksional (LPMPAI) UMP telah diselenggarakan pelatihan E-Learning bagi Dosen di Lingkungan UMP. Bertempat di Ruang Sidang Lantai 3 Gedung J pada 1 Februari 2018, kegiatan tersebut diikuti oleh 15 Dosen UMP.

Disampaikan oleh Mufida Nofiana M.Pd., instruktur E-Learning, bahwa pelatihan ini ditujukan untuk seluruh dosen UMP dengan waktu pelaksanaan yang berbeda. “E-Learning sangat penting bagi dosen karena memudahkan dosen dalam proses akademik, jadi meskipun dilaksanakan waktu yang berbeda esensi materi yang disampaikan sama,” ungkap Mufida Nofiana M.Pd.,.

E-Learning yang dikembangkan oleh UMP dinamakan Online Class (OnClass) dengan menggunakan Learning Management System (LSM) Moodle. Moodle merupakan salah satu software E Learning yang berbasis open source dengan lisensi GNU.

Dosen pengampu mata kuliah dengan memanfaatkan E Learning akan diarahkan pada laman yang memuat mata kuliah yang diampu sesuai data base dalam sistem akademik pada semester yang sedang berjalan.

“Pengaturan materi mata kuliah dilakukan sepenuhnya oleh dosen tersebut untuk menambahkan atau mengurangi materi kuliahnya,” ungkap  Mufida Nofiana M.Pd.,

Pelatihan E Learning bagi dosen UMP disampaikan oleh Dosen Keperawatan Ns.Dayat Trihadi, M.Kep.,Sp.Kep.J, menambah inovasi pembelajaran di UMP. Menurutnya, E Learning sangat memudahkan mahasiswa untuk mengakses materi perkuliahan meskipun tidak bertemu dengan dosen pengampu mata kuliah tersebut.

“Karena dosen memiliki aktivitas  selain pembelajaran di kelas, jadi bersyukur UMP telah menerapkan E Learning untuk membantu proses akademik,” ungkap Ns.Dayat Trihadi, M.Kep.,Sp.Kep.J,.

Harapannya dengan kegiatan pelatihan E Learning dapat memotivasi dosen untuk mengembangkan pembelajaran dengan E Learning yang telah diinisiasi oleh LPMPAI UMP. (sls)