Audit Mutu Internal merupakan proses pengujian yang sistematik, mandiri, dan terdokumentasi untuk memastikan pelaksanaan kegiatan di Perguruan Tinggi sesuai prosedur dan hasilnya telah sesuai dengan standar untuk mencapai tujuan institusi. Dalam pelaksanaanya audit mutu internal dilakukan oleh seorang auditor.

Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Aktivitas Intruksional (LPMPAI) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) mengadakan Pelatihan Auditor Mutu Internal pada Senin (14/5/2018) bertempat di Gedung J Lt. 3 UMP. Pelatihan ini dihadiri oleh sekitar 15 dosen yang berasal dari berbagai Fakultas di UMP.

Dalam pelatihan ini disampaikan materi Audit Mutu Internal (AMI) secara umum beserta kiat-kiat dalam melakukan audit, selain itu juga disampaikan materi tentang Audit Mutu Internal Akademik (AMIKA) serta Audit Mutu Internal Unit (AMIKU). Pada pelatihan ini terdapat 3 narasumber yaitu Abdul Haris Mulyadi, S.T., M.T., Watemin, S.P.,M.P. dan Wahyu Dwiono, S.T., M.T.

Diharapkan dengan adanya pelatihan ini dapat meningkatkan kemampuan dan pengetahuan auditor dalam melaksanakan proses audit, selain itu juga untuk penyamaan persepsi auditor dalam persiapan pelaksanan Audit Mutu Internal di UMP.