Upaya meningkatan mutu Universitas Muhamamdiyah Purwokerto (UMP) menyelenggarakkan Rapat Pembukaan Audit Mutu Kinerja Internal UMP. Kegiatan yang diselenggarakkan di Ruang Sidang Lantai 2 Kantor Pusat UMP pada 16 Juli 2018 yang lalu. Turut terlibat yakni Dekan, Wakil Dekan, Kepala Program Studi (Kaprodi), kepala unit dan lembaga di UMP.  Pertemuan rapat tersebut diinisiasi oleh Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Aktivitas Instruksional (LPMPAI) membahas tentang proses audit sebuah lembaga untuk meningkatkan kinerja sehingga dapat berfungsi secara maksimal.

 

Disampaikan oleh Ketua Lembaga LPMPAI Abdul Haris, S.T., M.T. bahwa inti dari rapat tersebut yakni berfokus pada mengenai ruang lingkup audit tiap unit dan juga jadwal pelaksanaan audit mutu internal di masing-masing unit. Lebih lanjut menurutnya,  bahwa dalam audit mutu bertujuan untuk mengetahui hasil kerja dari masing-masing bagian.

“Audit mutu internal itu tediri dari tiga bagian, yaitu audit mutu internal akademik, audit mutu internal kinerja unit, dan Monitoring dan Evaluasi (Monev) program kerja. Yang tujuannya untuk  pengecekan apakah standar yang sudah yang kita tetapkan sudah tercapai atau belum oleh unit-unit yang ada”, jelasnya.

 

Selain itu, ditambahkan oleh Drs. Suyoto, M.Si., Ketua Tim Audit Mutu Internal UMP, untuk mencapai tujuan maka kegiatan audit mutu akan dilakukan secara periodik setiap tahunnya, sehingga kekurangan-kekurangan yang ditemukan dapat segera di evaluasi dan diperbaiki. “Bentuk evaluasi dan sasaran audit menurutnya, akan diberlakukan diseluruh unit, lembaga dan prodi di UMP,” tutupnya. (Agp/ Sls)