Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) mengadakan workshop pemantapan akreditasi perguruan tinggi menuju peringkat yang unggul. Rapat berlangsung di Ruang Sidang lt. 2 Gedung Rektorat UMP belum lama ini.

Workshop pemantapan akreditasi dipimpin langsung oleh Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) Dr Mukti Fajar ND SH M Hum dan dihadiri oleh seluruh tim penyusun Borang akreditasi UMP.

Pembukaan acara dipimpin Wakil Rektor I Bidang Akademik UMP Dr Anjar Nugroho, mengatakan Universitas harus bisa membangun sebuah tim yang kompak agar penyusunan borang akreditasi universitas bisa berjalan dengan baik. Selain itu, dalam menyusun borang, langkah-langkah yang dibuat harus teratur dan terarah.

 “Penjaminan mutu harus terus ditingkatkan dimulai dengan kerja keras dari tim penyusun dan dari pimpinan universitas,” ungkapnya.

Agenda rapat kali ini membahas mengenai pengkajian borang, kebijakan-kebijakan baru Pdikti, Penilaian Akreditasi PT, serta pembobotan dokumen borang akreditasi UMP.

Dijelaskan, kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk menambah dan mengambangkan pengetahuan tim penyusun borang UMP mengenai teknis penjaminan mutu universitas baik internal maupun eksternal.

Materi yang disampaikan pada hari pertama pelatihan antara lain mengenai peran penjaminan mutu bagi perguruan tinggi, kebijakan nasional SPM, SPMI & SPME beserta implementasinya.

Asesor BAN PT Dr. Mukti Fajar ND SH M Humdalam presentasinya menjelaskan tentang proses pengisian borang data kuantitatif dan sistem penilaian borang.

“Kegiatan ini dilaksanakan sebagai persiapan Akreditasi Perguruan Tinggi (APT). Dengan telah diikutinya workshop ini, semoga UMP dapat menjaga mutu dan meningkatkan kualitas penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi secara terus-menerus,” pungkasnya. (yas/tgr)