Dua lembaga di lingkungan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, meraih sertifikasi ISO 9001:2015 tentang Quality Management System, kata Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kerjasama UMP Ir Aman Suyadi MP.

“Sertifikasi ISO 9001:2015 merupakan standar sistem manajemen internasional di dunia untuk organisasi pendidikan,” katanya di Purwokerto, Selasa. 

Menurut dia, dua lembaga yang meraih sertifikasi ISO 9001:2015 terdiri atas Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Aktivitas Intruksional (LPMPAI) serta Language Development Center (LDC). 

“UMP terus memberikan layanan yang terbaik. Sertifikasi ISO 9001:2015 memberikan panduan tentang bagaimana memberikan layanan prima di lingkungan pendidikan tinggi yang terus meningkat, dengan tujuan untuk membantu penyedia layanan pendidikan dalam memberikan layanan yang lebih baik,” katanya.

Ia mengharapkan sertifikasi ISO 9001:2015 tersebut akan membantu UMP dalam mengelola proses pendidikan dan keluarannya (output). 

Dalam hal ini, kata dia, output atau keluaran yang diharapkan adalah meningkatnya peringkat UMP secara signifikan.

“Ada beberapa elemen penilaian yang dilakukan untuk memperoleh sertifikasi ini. Di antaranya kepemimpinan,aksesibilitas, ethical conduct, pengelolaan manajemen, capaian kinerja, manajemen risiko, dan tindak lanjutnya,” kata Aman. 

Ia mengatakan sertifikasi tersebut menjadikan UMP lebih bersemangat lagi untuk meningkatkan kinerja dalam meraih sasaran mutu, indikator kinerja utama (IKU), dan indikator kinerja Tambahan (IKT) yang telah ditetapkan.

“Alhamdulillah, setelah melalui proses audit dan beberapa perbaikan, LPMPAI dan LDC dinyatakan berhak untuk mendapatkan sertifikat ISO 9001:2015. Diharapkan dengan diperolehnya sertifikat ini lingkungan kampus dapat meningkatkan kinerjanya dengan lebih baik,” katanya. (tgr).

Leave a Comment