Perkuliahan  semester genap 2020-2021 diperkirakan  pelaksanaannya  masih  dalam jaringan (daring). Hal ini sesuai dengan surat edaran bupati Banyumas tertanggal 1 Februari 2021 yang berisi informasi bahwa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat  (PPKM) yang diperpanjang hingga 28 Februari 2021.

    Rektor UMP, Dr. Jebul Suroso, S.Kp., Ns., M.Kep. dalam amanahnya menyampaikan bahwa Universitas  Muhammadiyah Purwokerto  mempunyai platform daring yang sudah teruji sehingga perlu dikembangkan melalui pengembangan bahan ajar daring.  Salah satu rencana yang digagas beliau adalah membuka kelas PJJ (Perkuliahan Jarak Jauh) yang dapat mengakomodasi calon mahasiswa yang berasal dari wilayah-wilayah yang jauh di Indonesia maupun di luar Indonesia. Sejalan dengan Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang memberi kesempatan mahasiswa untuk belajar di luar program studi melalui  pertukaran mahasiswa antar prodi di dalam UMP dan di luar UMP dimulai semester genap.

    Salah satu tugas dosen yang tercantum dalam Tri Dharma bahkan Catur Dharma (khusus UMP) adalah mengajar. Pelaksanaan perkuliahan yang menggunakan materi sama dan tidak sesuai dengan kondisi kontekstual menyulitkan mahasiswa untuk belajar mandiri. Dosen berkewajiban mengembangkan bahan ajar daring sehingga memberikan pelayanan terbaik untuk mahasiswa.

     LPMPAI melalui Bidang Kurikulum dan Sumber Belajar  melaksanakan workshop pengembangan bahan ajar daring dengan mengundang Dr. Uwes Anis Chaeruman, M.Pd. dari Universitas Negeri Jakarta dan beliau pernah menjabat sebagai analisis kebijakan ahli madya Ditjen Dikti.  Materi yang disampaikan sangat menarik karena mengulas bagaimana perkuliahan daring yang selama ini dilaksanakan. Banyak dosen memindahkan perkuliahan di kelas ke virtual dengan kegiatan ceramah dan tanya-jawab. Beliau memberikan banyak metode alternatif dan  kegiatan yang dapat dilakukan dalam tatap muka virtual.

 

Salah satu teori yang dibuat Chaeruman sebagai berikut : 

    Bagan di atas menjelaskan bagaimana metode pengajaran sinkronik maupun asinkronik berdasarkan kegiatan LOTS (Low Order Thinkings) atau HOTS (High Order Thinkings). Kegiatan workshop ini tidak hanya membahas bahan ajar tetapi juga bagaimana menerapkan di onclass.ump.ac.id sebagai platform perkuliahan UMP. Peserta meliputi dekan, wakil dekan, kaprodi dan dosen-dosen antusias dan terlibat aktif dalam diskusi dengan narasumber. Kegiatan yang dipandu oleh moderator Drs. Ahmad, Ph.D. membuat suasana workshop semakin semangat dan penuh informasi.

 

 

 

Ditulis oleh Laily Nurlina- LPMPAI UMP