Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Banyumas, Jawa Tengah, meraih akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Tahun 2021.

Ketua Prodi PPG FKIP UMP Wildan Nurul Fajar mengatakan, bahwa raihan akreditasi “A” merupakan anugrah dari Allah serta hasil kerja keras dari Tim Akreditasi PPG dan segenap civitas akademika di Prodinya yang meliputi dosen, karyawan, mahasiswa dan guru pamong.

“PPG UMP telah terakreditasi A dengan nilai 363. Banyak elemen dari akreditasi kita yang meraih penilaian tinggi dari BAN-PT. Hal ini tentunya telah kita persiapkan dengan matang,” kata Wildan.

Pengakuan ini, menurut Wildan, membuktikan PPG UMP makin dipercaya kualitasnya. Baik dari segi jumlah dosen, mahasiswanya, fasilitas perkuliahan yang menunjang, dan juga capaian prestasi-prestasi selama ini.

Rektor UMP Dr Jebul Suroso mengatakan, secara keseluruhan, semua program studi di UMP sedang giat-giatnya mempersiapkan diri untuk terakreditasi A.

Dalam perjalanannya, lanjut dia, berbagai prestasi pun telah diraih mahasiswa dan dosen UMP.

“Ini memang menjadi kebijakan kampus. Kami memberi keleluasaan dan kesempatan yang luas bagi mahasiswa dan dosen untuk meraih prestasi di berbagai bidang yang diminati,” katanya.

Ia mengatakan bagi kalangan mahasiswa, berbagai prestasi telah berhasil dicapai, baik melalui berbagai temuan dan inovasi yang dilakukan, berbagai produk teknologi tepat guna telah dihasilkan para mahasiswa.

Rektor mengatakan dalam penyelenggaraan pendidikan di masing-masing prodi, pihaknya menekankan agar setiap fakultas atau prodi memiliki keunggulan dan keunikan masing-masing.

“Untuk itu, setiap tahun kami berikan hibah pada setiap fakultas untuk membuat program untuk mempertajam keunggulan masing-masing,” pungkasnya.(tgr)