LPMPAI sebagai garda terdepan pengembangan aktivitas instruksional melaksanakan pelatihan pembuatan RPS pad Kamis, 30 Juli 2020 dari pukul 08.30 – 11.30 WIB. Banyak format Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang telah dikenal dan dibuat oleh dosen sehingga perlu distandarkan satu format baku yang akan digunakan oleh seluruh dosen Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Acara ini dipandu narasumber Dr. Syamsul Arifin, M.T., beliau adalah tim ahli kurikulum Kemendikbud dan dosen Institut Teknologi Surabaya. Beliau memberikan wawasan tentang akreditasi internasional yang lebih menekankan pada RPS berbasis OBE (Outcome Based Education). Capaian materi yang diberikan adalah mampu merancang, Menyusun RPS, dan perangkat pembelajaran lainnya dengan pendekatan OBE.  Beliau membahas tentang prinsip OBE dalam desain pembelajaran, desain pembelajaran dengan pendekatan OBE, penilaian proses dan hasil dengan pendekatan OBE, rubrik dan portofolio.

Kegiatan ini diikuti Wakil Rektor 1, Dekan, Kaprodi, Sekretaris Prodi, dan dosen Universitas Muhammadiyah Purwokerto dengan aktif dan antusias. Hal ini terlihat dari pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan berasal dari dosen-dosen berbagai program studi. Setelah pertemuan di zoom meeting, tim LPMPAI melanjutkan workshop  untuk merumuskan format yang akan digunakan oleh seluruh dosen UMP (Ly, 3Agt).