Program pelatihan pembuatan media pembelajaran inovatif daring bagi dosen Universitas Muhammadiyah Purwokerto dilaksanakan untuk memberi solusi pada dosen dalam melaksanakan perkuliahan berbasis daring terdampak COVID 19. Kegiatan ini memotivasi para dosen supaya lebih produktif dan kreatif dalam mengembangkan perkuliahannya sehingga mahasiswa mendapatkan pengetahuan dan informasi maksimal.

Dosen-dosen Universitas Muhammadiyah Purwokerto telah melaksanakan perkuliahan daring sejak Maret 2020. Mereka menggunakan banyak platform untuk mengajar mahasiswa seperti whats’up grup, google meet, zoom, zoologi dan moddle. UMP telah memfasilitasi perkuliahan menggunakan onclass.ump.ac.id sehingga para dosen perlu mengembangkan kemampuan dan keterampilan mereka dalam mengembangkan media-media pembelajaran inovatif. Banyak mahasiswa yang masih merasa perkuliahan daring hanya sebatas pemberian tugas dan menjadi beban bagi mereka.

Program ini merupakan kebijakan pimpinan universitas untuk memfasilitasi dosen dan mahasiswa sehingga memudahkan dan melancarkan proses perkuliahan terutama perkuliahan daring di masa pandemik COVID 19 ini.  Pelatihan direncanakan dapat memfasilitasi kesulitan dosen-dosen UMP ketika mencari dan menggali media pembelajaran yang tepat bagi perkuliahan mereka.

   Narasumber kegiatan ini Lahan Adi Purwanto, M.T. yang memberikan pelatihan empat gelombang  dengan durasi 2,5 – 3 jam setiap pertemuan.  Gelombang 1 dilaksanakan Rabu, 29 Juli 2020 pukul 08.30 – 11.00 dengan peserta para pimpinan dari rektor hingga Dekan. Gelombang 2 dilaksanakan Rabu, 29 Juli 2020 pukul 13.00 – 15.30 dengan peserta Kaprodi, Sekretaris Prodi, Dosen FKIP  dan Pasca Sarjana. Gelombang 3 dilaksanakan Senin, 3 Agustus 2020 pukul 08.30 – 11.00 dengan peserta Kaprodi, Sekretaris Prodi, Dosen FIKES dan Kedokteran. Gelombang terakhir dilaksanakan  Senin, 3 Agustus 2020 pukul 13.00 – 15.30 dengan peserta Kaprodi, Sekretaris Prodi, Dosen Farmasi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Pertanian, Fakultas Agama Islam, Fakultas Sastra.

   Harapannya, pelatihan media pembelajaran inovatif ini dapat memfasilitasi dosen untuk mengembangkan kemampuan membuat media untuk menunjang perkuliahan (Ly, 3Agt20)